Acara TV Doeloe dan Sekarang

20.54
Acara TV Doeloe dan Sekarang - Siapa sih yang nggak suka nonton TV? Dari zaman dulu sejak berdirinya TVRI pada tanggal 24 Agustus 1962, TV itu sudah jadi alat hiburan. Acara TV dari zaman ke zaman sangat bervariasi, Loopers. Mulai dari acara musik, acara untuk anak-anak, acara komedi, acara reality show, sinetron dsb. Hmm, kira-kira acara TV zaman dulu sama nggak ya sama acara TV sekarang?

Acara TV Doeloe dan Sekarang



Acara TV zaman Doeloe

Setiap judul sinetron ditayangkan seminggu sekali
Zaman dulu, sinetron ini punya episode yang pendek karena jam tayangnya yang cuma seminggu sekali. Jadi, sebulan hanya tayang 4 kali, Loopers.

Acara disesuaikan oleh umur
Kalo zaman dulu nih ya, selalu ada tulisan BO, D, dsb di TV kalian bagian kanan atas. Loopers tahu fungsinya buat apa? Fungsinya adalah untuk membedakan tontonan yang harus disesuaikan dengan umur. Kalau BO itu artinya Bimbingan Orang tua, D itu Dewasa. Ada juga iklan yang menjelaskan tentang fungsi dari tulisan itu Loopers.



Kuis pertanyaannya susah
Zaman dulu belum ada kuis? Siapa bilang Loopers, zaman dulu juga ada kuis cepat lho di TV. Tapi, pertanyaannya itu susah banget, dan juga peneleponnya itu nggak diundi, tapi penonton yang harus menelpon sendiri. Padahal zaman dulu masih jarang banget ada pesawat telepon ya. Ya, penonton zaman dulu harus bener-bener berusaha untuk mendapatkan hadiah dari kuis cepat di sela-sela tayangan TV nih Loopers.

Iklan yang sedikit
Zaman dulu, iklan itu sangat jarang dijumpai. Karena memang waktu itu TV kita hanya ada siaran dari TVRI, jadi pemerintah zaman dulu melarang banget sama yang namanya iklan di TVRI. Seiring berjalannya waktu, makin banyak siaran TV, iklan diperbolehkan karena siaran tersebut milik swasta. Tapi, tetap dibatasi oleh pemerintah.


Acara TV Zaman Sekarang

Episode sinetron sepanjang gerbong kereta
Kalo dibandingkan dengan sinetron zaman dulu, sinetron sekarang punya jumlah episode yang banyaaaak banget. Kenapa kok jadi gitu ya? Karena sinetron zaman sekarang tayangnya setiap hari. Itu yang bikin episodenya jadi sepanjang kabel listrik yang nggak pernah putus. Hehe.

Banyak acara yang ditayangkan tidak sesuai usia
Zaman sekarang emang sih zaman kemerdekaan, tapi nggak berarti bebas menayangkan acara TV yang nggak sesuai usia. Sekarang sangat jarang dijumpai acara TV yang sesuai dan pantas ditonton sesuai dengan usia.

Kuis, jawabannya nggak usah mikir
Zaman sekarang gampang banget ya ikut kuis di TV. Karena sistemnya kuis zaman dulu dan sekarang itu beda banget. Kamu nggak perlu susah-susah menelepon karena kamu bisa mengikuti kuis lewat sosial media Loopers.

Acara berita pagi bergeser
Acara berita pagi zaman sekarang itu sudah semakin maju aja jam tayangnya. Hal itu nggak sesuai sekali sama kegiatan kita sehari-hari. Dimana yang jam 5 pagi itu waktunya mandi pagi, dan jam 6 pagi yang mestinya menikmati sarapan dengan berita pagi, tapi ini sudah bergeser jadi tayangan gossip.



Iklan membludak
Iklan, sekarang itu hal yang wajib bagi dunia pertelevisian Indonesia. Mulai dari iklan sirup, iklan sarung, iklan makanan, dan iklan komersial lainnya. Hal itu semakin menjadikan TV Indonesia ini jadi kurang efektif dalam menayangkan programnya.


Nah itu beberapa perbedaan acara TV zaman Doeloe Sekarang. Menurut kamu apalagi nih perbedaannya?(Doeloe Sekarang)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »